News in Picture

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Wednesday, July 10, 2013

INDIA SEGERA LUNCURKAN KAPAL INDUK BUATAN PERTAMANYA


India berusaha meningkatkan kehadiran Angkatan Lautnya di Samudera Hindia. Salah satu langkahnya adalah dengan meluncurkan kapal induk IAC (indigenious aircraft carrier) buatan pertama India secepatnya pada bulan Agustus nanti.




INS Vikrant

Ilustrasi komputer kapal induk IAC (INS Vikrant). (Kredit foto : Indian Defence Ministry)

Uji coba laut tahap pertama kemungkinan dilakukan setelah 10 bulan sejak kapal induk ini diluncurkan Agustus nanti, kata seorang pejabat senior pemerintah India. Namun, kapal induk IAC, yang nantinya akan dinamai INS Vikrant, belum akan ditugaskan setidaknya untuk lima tahun kedepan karena terlebih dahulu harus melalui beberapa pengujian panjang.

Kapal induk ini sedang dibangun di galangan kapal Cochin dan kapal akan segera ke "air" pada 12 Agustus dan selanjutnya dibawa ke dermaga perbaikan untuk menyelesaikan pekerjaan yang tersisa, kata Commo. K. Subramaniam, ketua dan direktur pengelola dari Cochin Shipyard Ltd. Seluruh pekerjaan untuk lambung akan selesai pada Juni 2014, ia menambahkan.
Total dua kapal induk yang direncanakan dibangun oleh India yaitu INS Vikrant (40.000 ton) dijadwalkan tugas pada tahun 2018 dan INS Vishal 65.000 ton dan akan ditugaskan pada tahun 2025. INS Vikrant yang menelan biaya 5 miliar dolar ini setidaknya akan bisa mengangkut 30 pesawat dan helikopter.

Teknisi galangan kapal Cochin telah bekerjasama dengan Angkatan Laut India untuk membangun kapal induk ini selama lebih dari enam tahun. Kontrak untuk pembangunan kapal induk ditandatangani pada tahun 2007, dan keel (lunas) dibaringkan pada bulan Februari 2009, Subramaniam mengatakan.

IAC awalnya ditarget akan masuk layanan pada tahun 2014. Pada tahun lalu, para pejabat India mengatakan bahwa kapal induk itu baru bisa ditugaskan secepatnya pada tahun 2017. Tapi sejumlah faktor telah menyebabkan keterlambatan konstruksi, termasuk kurangnya bahan baja yang tepat dan memadai dari Rusia dan masalah teknis di gearbox dan sistem lainnya, kata seorang pejabat kementerian pertahanan.

Kapal induk India lainnya, INS Vikramaditya, panjang 284 meter dan berbobot 45.000 ton, saat ini masih menjalani uji coba laut dan akan segera bergabung dengan kapal induk (satu-satunya) yang dimiliki India saat ini yaitu INS Viraat. INS Vikramaditya sebelum diakuisisi India dari Rusia bernama Admiral Gorshkov.

Peningkatan kekuatan Angkatan Laut India di Samudera Hindia sangatlah penting, terutama untuk memerangi pembajakan laut, kata Ajay Lele, analis pertahan dari institut Studi dan Analisis Pertahanan yang berpusat di New Delhi.

Spesifikasi INS Vikrant
Bobot
40.000 ton
Panjang
262 meter
Beam
60 meter
Draft
8,4 meter
Propulsi
- 4 General Electric LM2500+turbin gas
- 2 shaft 80+MW
Kecepatan
28 knot (52km/jam)
Jangkauan
15.000 km
Kru
1.400 (jumlah total termasuk kru udara)
Sensor- 1 x Selex RAN-40L
- L-band peringatan dini
- C/D band radar peringatan dini
Persenjataan
- 4x Otobreda 76mm
- LR SAM dengan radar multifungsi
- CIWS
Muatan Pesawat dan Helikopter
- Mikoyan MiG-29K
- 8 HAL Tejas
- 10 Kamov Ka-31 atau Westland Sea King
»»  READMORE...

Honda Demonstrasikan ASIMO Kepada Pengujung Museum




Headline
Tokyo, Honda Motor Co LTD, melakukan demonstrasi untuk membuktikan kemampuan robot ASIMO dalam menjelaskan fitur-fiturnya secara mandiri dan berinteraksi dengan orang orang.
 Demonstrasi yang dilakukan untuk menunjukkan kegunaan praktis dari ASIMO dalam berkomunikasi dengan manusia ini berlangsung di National Museum of Emerging Science and Innovation atau dikenal juga dengan sebutan 'Miraikan' di Tokyo, Jepang, pada 3 Juli hingga 2 Agustus 2013.

ASIMO versi terbaru ini telah dilengkapi dengan teknologi pengaturan tingkah laku mandiri (autonomous behaviour control technology). Teknologi ini memungkinkan ASIMO bertindak secara mandiri dengan mengantisipasi dan berinteraksi melalui pergerakan dari lingkungan dan manusia di sekitarnya, tanpa selalu dikendalikan oleh operator.

Dalam demonstrasi ini, ASIMO menjelaskan fitur-fiturnya sendiri kepada para pengunjung Miraikan dan berkomunikasi secara interaktif dengan pengunjung melalui tanya jawab serta gestur tubuh. ASIMO membaca reaksi orang melalui jaringan sensor, dan secara mandiri memutuskan tindakan yang harus dilakukan berdasarkan reaksi tersebut, tanpa memerlukan perintah dari operator.

Melalui pengembangan ASIMO, Honda berusaha menciptakan robot yang berguna untuk manusia dan masyarakat, melalui dua arahan yang berbeda. Pertama, menjadikan robot yang dapat berkomunikasi dan hidup berdampingan serta membantu manusia. Kedua, menjadikan robot yang dapat bekerja yang dapat melakukan tugas manusia di lingkungan yang tidak dapat dijangkau oleh manusia.
»»  READMORE...

French Cruise Missile Successful in First Firing Test


MdCN missile launched on a test in 2012. Photo: MBDA

MdCN missile launched on a test in 2012. Photo: MBDA


The new cruise missile built for the French Navy has completed the first qualification test firing last week. The naval cruise missile (MdCN or Missile de Croisière Naval) is under development by MBDA under contract from the defense armament directorate DGA (Direction Générale de l’Armement) awarded 2006.it successfully carried out the firing test on July 1st, 2013. The test, representing a vertical launch from a frigate, took place at the DGA’s Biscarrosse missile test centre. MdCN will eventually equip the French Navy’s multi-mission frigates (FREMM) and its Barracuda submarines.
Featuring a range of several hundred kilometers, MdCN is intended for strikes against targets deep within enemy territory. It complements the SCALP air-launched cruise missile from which it is derived. MdCN will comprise one of the strategic weapons carried by surface vessels and submarines.
According to the announcement, the firing scenario was especially demanding as, in addition to meeting range objectives, it also served to validate the missile’s performance with regard to its autonomous terminal navigation using infrared target recognition.
MdCN demonstrated pinpoint strike on a 2012 flight test. Photos: MBDA
A submarine-launched MdCN demonstrated pinpoint strike on a 2012 flight test. Photos: MBDA
»»  READMORE...

Iran Tidak Perlu Negara Asing dalam Reparasi Helikopter


Panglima Angkatan Darat Iran, Brigadir Jenderal Ahmad Reza Pourdastan menyatakan bahwa pasukan udara Republik Islam telah mencapai swasembada dalam memperbaiki helikopter.

"Pasukan Udara [Republik Islam Iran] telah mencapai kemajuan di tingkat sehingga tidak lagi memerlukan bantuan pihak asing untuk memperbaiki helikopter," demikian dikatakan Pourdastan, Selasa (25/6) dalam kunjungannya ke pangkalan udara Abyek, di Propinsi Qazvin.  

Dalam beberapa tahun terakhir Iran telah mencapai berbagai keberhasilana di bidang pertahanan dan memproduksi peralatan dan sistem militer penting di dalam negeri termasuk tank, destroyer, kapal selam, pesawat tanpa awak serta berbagai jenis sistem rudal dan radar.  (IRIB Indonesia/MZ)
»»  READMORE...

7 TIPS SEDERHANA UNTUK PRIVASI INTERNET



7 Tips Sederhana untuk Privasi InternetJakarta -  Privasi pengguna menjadi hal yang semakin penting seiring maraknya penggunaan internet melalui pirantimobile seperti telepon seluler dan tablet.  Oleh karena itu memahami langkah-langkah sederhana untuk melindungi data pribadi menjadi utama.

Semua orang perlu tahu membuatpassword yang kompleks. Tapi apakah Anda telah menggunakan mode private browsing saat mengecek akun bank atau saat membayar tagihan kartu kredit? Berikut 7 langkah sederhana itu.

1. Gunakan mode incognito atau private browsing saat mengakses akun bank atau membayar tagihanonline. Pada browser seperti Safari, fitur ini ada pada menu File.

2. Pasangi Passcode pada tablet, laptop, atau ponsel cerdas Anda. Jika piranti jatuh ke tangan orang lain, minimal, ada satu lapis perlindungan yang harus dilewati orang asing itu untuk mengetahui isi data Anda.

3. Pasang Google Alert dengan nama Anda. Ini untuk mengetahui apa yang dibicarakan orang di internet. Caranya dengan mendaftarkan nama Anda atau variasinya di www.google.com/alerts.

4. Biasakan sign off dari Facebook, Gmail, Twitter, dan jejaring sosial lainnya seusai menggunakan, bahkan jika Anda sekadar ingin berselancar ke situs lain sejenak. Ini karena orang lain bisa menggunakan akun Anda jika menggunakan browser yang sama setelah Anda gunakan.

5. Biasakan untuk mengecek pengaturan pada fitur setting di jejaring sosial yang biasa Anda gunakan. Lakukan ini sebulan sekali. Ini karena situs jejaring sosial kerap mengubah kebijakan privasi yang diterapkannya.

6. Jika Anda pengguna layanan surat elektronik Gmail, ada baiknya menggunakan dua tahap otentifikasi, yang tersedia. Setiap kali Anda log-in ke Gmail, layanan ini akan mengirimkan kode khusus ke ponsel Anda lewat pesan singkat. Ini artinya, jika seseorang memiliki password Anda, dia juga harus memiliki ponsel Anda untuk bisa masuk. Akses layanan ini dari Google Account settings dan pilih security.

7. Gunakan password yang kompleks seperti kombinasi huruf dan angka. Bersihkan history dari peramban yang Anda gunakan minimal sebulan sekali. Ini agar jejak Anda di internet tidak bisa diketahui oleh orang lain yang menggunakan komputer sama.


  ● Tempo 

»»  READMORE...

KANDIDAT BARU HELIKOPTER ANTI KAPAL SELAM TNI AL





Impian TNI-AL, Puspenerbal khususnya memiliki helikopter khusus anti kapal selam masih terus bergulir. Kabar baiknya, Kementrian Pertahanan telah mendengar dan meluluskan permintaan tersebut. Lebih jauh, ARC mendapat info, Kemhan sudah memberikan spesifikasi helikopter yang dibutuhkan kepada 2 pabrikan besar produsen heli anti kapal selam. 

Namun dari pihak pabrikan sendiri belum mengajukan penawaran. Kemhan sendiri berharap, kontrak bisa dilaksanakan tahun ini juga, sehingga di tahun 2014 diharapkan sudah ada barangnya.




Berbeda dengan kabar sebelumnya, dipastikan kali ini heli Kaman Super Sea Sprite sudah masuk kotak. Kementrian pertahanan kini melirik heli AKS yang memang terkenal dan mumpuni. 

Mereka masing-masing adalah AW-159 Wildcat serta AS-565 Panther. Entah kebetulan atau tidak, kedua heli ini memiliki nickname berbau kucing.


Helikopter AW-159 Wildcat sendiri merupakan pengembangan paling mutakhir dari heli Lynx. Heli ini digunakan oleh angkatan bersenjata di berbagai negara, dan sudah battle proven sejak perang Malvinas tahun 1982. 

Secara umum, Heli ini mampu dipersenjatai torpedo, rudal Sea Skua, hingga senapan mesin berat. Bahkan dalam berbagai foto terlihat heli ini menggotong rudal Hellfire. Lynx sendiri sudah menjadi idaman pilot Penerbal sejak tahun 90an. 

Namun minimnya anggaran serta harganya yang konon sangat mahal, membuat Penerbal terpaksa menunda mimpinya dan harus cukup puas dengan Bo-105 serta Nbell-412.



Sementara heli AS-565 Panther merupakan pengembangan dari seri Dauphin yang sangat laris. Di Indonesia sendiri seri Dauphin sudah digunakan oleh polisi udara. Selain itu eratnya hubungan Eurocopter dengan PT. DI bisa menjadi nilai tambah. Heli Panther sendiri juga sudah battle proven saat perang teluk pertama di tahun 1991. Heli ini biasa terlihat membopong rudal AS-15TT, Torpedo atau roket dan senapan mesin.


Secara umum, spesifikasi kedua heli sebenarnya tidak terpaut jauh. Yang mana akan dipilih, kita tentu berharap, juga turut dipasang mission suite yang cocok dan mumpuni. Sehingga, kemampuan TNI-AL dalam peperangan anti kapal selam semakin meningkat. Oya, ssttt.. kabarnya salah satu peserta mulai bergerak mundur lantaran spesifikasi yang diberikan terlalu menjurus.







Sumber : ARC
»»  READMORE...

PESAWAT BOMBER BARU CHINA BISA MENARGETKAN AMERIKA


H-6K

Dalam dua tahun terakhir setidaknya China sudah menerima lima belas pesawat pembom H-6 model terbaru yaitu H-6K. Model baru ini memasuki layanan dengan Angkatan Udara China (PLA) sejak dua tahun lalu, setelah beberapa tahun pengembangan.

H-6K menggunakan mesin Rusia yang efisien yaitu D30KP2 yang menjadikan pesawat ini memiliki jangkauan sekitar 3.500 kilometer. Seluruh perangkat elektroniknya dibuat sendiri oleh China termasuk radar yang lebih modern. Badan H-6K sendiri juga telah dimodifikasi hingga menjadi lebih ringan, berbahan komposit, namun lebih kuat. Kanon otomatis 23 mm (rear facing) juga telah diganti dengan peralatan perang elektronik.

H-6K dapat membawa enam rudal jelajah CJ-10A yang berbobot 2 ton. Rudal ini disebut-sebut memiliki jangkauan hingga 2.000 kilometer, karena rudal ini mirip dengan rudal (tua) Rusia Kh-55 (yang dilengkapi dengan hulu ledak nuklir). Rudal CJ-10A juga digambarkan sebagai rudal yang memiliki kecepatan tinggi 2.500 kilometer per jam, dan merupakan rudal yang berbahan bakar padat. Tapi sebenarnya CJ-10A adalah rudal jarak dekat, jangkauannya sekitar 300 kilometer saja. Kinerja CJ-10A sepertinya lebih mirip dengan rudal Tomahawk Amerika (menggunakan mesin jet yang lebih lambat). CJ-10A memang bisa membawa hulu ledak nuklir, namun biasanya tidak. Pembom H-6K China yang dipersenjatai dengan rudal jelajah ini dapat menyerang pangkalan Amerika di Okinawa (Jepang) dan Guam.

FA-18A VMFA-323 dan Tu-16
FA-18A VMFA-323 dan Tu-16 tahun 1986
Ada sekitar seratus lebih pembom H-6 dalam Angkatan Udara China dari sekitar 200 unit yang dibangun. Pesawat ini merupakan salinan China atas pembom Rusia Tu-16 (dibangun sekitar 1.500 unit). Meskipun desain Tu-16 sudah lebih dari 25 tahun, namun China masih mengandalkan mereka sebagai salah satu pesawat pembom utama mereka.

H-6 adalah pesawat berbobot 78 ton dengan empat awak dan dua mesin. Sebagian besar model H-6 dapat membawa hingga sembilan ton bom dan rudal, dan H6K yang baru mampu mengangkut sekitar 12 ton bom dan rudal.

Seluruh model H6 utamanya dipersenjatai dengan rudal CJ-10A dan C201, serta bom. Analis alutsista memperkirakan bahwa China tidak akan membangun H-6K dalam jumlah yang banyak, mungkin tidak lebih dari dua puluh unit saja. Rusia menggunakan pembom Tu-16 mereka dalam layanan sampai awal tahun 1990-an, namun China terus meng-upgrade H-6 hasil salinan mereka. Pembom kelas berat H-6K tampaknya akan tetap digunakan China dalam satu atau dua dekade ke depan.
»»  READMORE...

10 Teknologi yang Bisa Mengubah Dunia (II)

Bagaimana wajah teknologi yang akan membantu manusia di masa depan?

Google Maps, salah satu aplikasi pemetaan terpopuler
Google Maps, salah satu aplikasi pemetaan terpopuler


Perlahan tapi pasti, perkembangan teknologi dapat mengubah dunia, apapun jenisnya, bisa membantu manusia menghadapi persoalan di masa mendatang.

Teknologi baru yang dapat menggantikan bahan bakar fosil, mengubah rumah menjadi pembangkit tenaga listrik, teknologi yang bisa menyelamatkan ribuan nyawa sampai kemungkinan menciptakan bentuk kehidupan baru.


Bukan hanya sekedar inovasi, peneliti ke depan diharapkan menelurkan ide-ide brilian yang lebih ambisius.


Jika sebelumnya Marcus Fairs, pemimpin redaksi majalah desain yang cukup berpengaruh, Dezeen, menggambarkan beberapa wajah teknologi di masa depan, kini ada beberapa jenis teknologi yang bisa mengubah dunia secara menyeluruh.


Dilansir Techradar, Senin 24 Juni 2013, berikut jenis teknologi yang diprediksi akan mengubah dunia di masa mendatang: [Lanjutan dari 10 Teknologi yang Bisa Mengubah Dunia (I) ]
6. Sensor Cerdas dan Mungil

Perusahaan riset ON World memperhitungkan, pada tahun 2017 nanti, perusahaan akan mengapalkan 515 juta sensor untuk berbagai perangkat di antaranya perangkat yang dapat dipakai (wearable), perangkat implan, kesehatan, fitnes sampai perangkat khusus untuk di puncak gunung.


Sensor pada perangkat itu kemungkinan hadir dengan jaringan kecil. Bahkan, diprediksi sensor perangkat itu dapat digunakan untuk mengatur pekerjaan rumah, misalnya memarkir mobil.


7. Aplikasi Pemetaan yang Canggih

Navigasi pemetaan dapat berkembang menjadi pengawasan bagi setiap orang. Sistem pengawasan itu sudah terkuak pada program rahasia Badan Keamanan AS (NSA), PRISM.


Jadi, sangat mungkin ke depannya pemetaan akan menjadi mata-mata. Salah satu teknologinya bernama RIOT, yang mengelola situs publik seperti jejaring sosial, yang merangkai gambaran rinci dan prediksi apa yang dilakukan seseorang pada masa depan.


Teknologi lainnya, PREDPOL. Inovasi ini menggunakan algoritma dan data pemetaan untuk memprediksi kapan dan di mana kejahatan mungkin akan terjadi. Sangat canggih.


8. Panel Surya

Teknologi alternatif ini sering menghadapi kendala. Panel surya butuh media besar, kuat, tergolong mahal, dan isu efisiensi. National Geographic mengatakan, panel itu hanya mengumpulkan 10 sampai 20 persen sinar matahari.


Tapi, jangan khawatir, di masa depan, teknologi nano akan membuat panel lebih reflektif, lebih murah, dan lebih efisien. Inovasi lain, panel disertakan dengan antena kecil yang langsung akan mengubahnya menjadi tenaga listrik dan dapat menyimpan energi.


Lapisan terluar teknologi nano mengubah seluruh lapisan panel menjadi pengumpul energi surya.


9. Biohacking


Rekayasa makhluk yang bisa bersinar di gelap gelita atau populer disebut glow in the dark, dikhawatirkan beberapa ahli.


Jurnal Nature menyebutkan, ilmuwan khawatir penyebaran tanaman glow in the dark, bisa menjadi preseden buruk, terlebih jika tanpa pengawasan dan membuat persepsi negatif tentang uji coba baru yang melibatkan rekayasa organisme genetik (biologi sintetik).


Dengan inovasi ini, para pendukung biohacking dapat merekayasa seluruh bentuk kehidupan baru, baik bagus ataupun buruk. Sehingga, jaringan organisasi lingkungan internasional, Friends of the Earth, telah menyerukan moratorium global peluncuran organisme sintetis sampai munculnya peraturan yang tepat dan mekanisme keselamatan.


10. Pemindai Genetik
Perkembangan teknologi di masa depan memungkinkan manusia untuk menganalisis secara penuh genetik seseorang. Misalnya, aplikasi MyGenome yang didapatkan pada iPad.

Kendati saat ini biaya aplikasi itu tergolong tinggi, tapi nantinya biaya pengurutan DNA akan menurun. Diperkirakan biaya per orang turun dari US$2,7 miliar, setara Rp26,7 triliun, menjadi US$5000 setara Rp49,5 juta dalam kurun waktu 10 tahun.


Dengan munculnya aplikasi genetik itu, seseorang dapat menjaga diri dari sesuatu yang beresiko terhadap kesehatan, misalnya kerentanan terhadap kanker. (eh)

»»  READMORE...