News in Picture

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sunday, April 20, 2014

Perbedaan Antara Bluetooth dengan Wi-Fi


A. Apa Itu Bluetooth?
Bluetooth adalah suatu teknologi komunikasi wireless yang memanfaatkan frekuensi radio ISM 2.4 GHz (antara 2.402 GHz sampai 2.480 GHz) untuk menghubungkan perangkat genggam secara terpisah (handphone, PDA, komputer, printer, dan lain-lain) dengan jangkauan yang terbatas dan relatif pendek. Bluetooth merupakan teknologi yang memungkinkan dua perangkat yang kompatibel, seperti telepon dan PC untuk berkomunikasi tanpa kabel dan tidak memerlukan koneksi saluran yang terlihat. Perangkat-perangkat genggam yang terpisah tersebut dapat saling bertukar informasi atau data dengan menggunakan Bluetooth. Bluetooth dapat berupa card yang bentuk dan fungsinya hampir dengan card yang digunakan untuk wireless local area network (WLAN) dimana menggunakan frekuensi radio standar IEEE 802.11, hanya saja pada bluetooth mempunyai jangkauan jarak layanan yang lebih pendek dan kemampuan transfer data yang lebih rendah. Bluetooth diciptakan dengan menawarkan fitur yang baik untuk teknologi mobile wireless dengan biaya yang relatif rendah, konsumsi daya yang rendah, interoperability yang menjanjikan, mudah dalam pengoperasian dan mampu menyediakan layanan yang bermacam-macam. 


B. Apa Itu Wi-Fi?

Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu komplotan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat. Teknologi ini pada awalnya untuk menghilangkan keruwetan kabel dalam membangun sebuah jaringan komputer, Wi-Fi bekerja pada frekuensi sama dengan Bluetooth yaitu pada 2,4 GHz.


C. Apa Perbedaan Antara Bluetooth dengan Wi-Fi?
Seperti yang telah kita semua ketahui bahwa, Bluetooth dan Wi-Fi merupakan dua teknologi komunikasi yang berbeda. Meskipun terdapat persamaan yaitu Bluetooth dan Wi-Fi sama-sama bekerja pada frekuensi yang sama yaitu pada frekuensi 2,4 GHz, namun terdapat banyak perbedaan mendasar di antara keduanya. Beikut adalah perbedaan antara Bluetooth dan Wi-Fi ditinjau dari beberapa aspek, yaitu :


Spread yang Digunakan
Bluetooth menggunakan spread spectrum frequency hopping (SSFH), sedangkan Wi-Fi menggunakan direct sequence spread spectrum (DSSS), Intinya spread pada Wi-Fi akan lebih stabil dan tentunya lebih cepat dibandingkan dengan Bluetooth.


Keamanan
Wi-Fi memiliki kelemahan yang sangat mengangu seperti masalah keamanan yang dapat di bajak ditengan jalan, dan rentan terhadap konflik dengan perangkat lain dalam waktu yang bersamaan. Sedangkan bluetooth tidak dapat dibajak karena terlebih dahulu kedua perangkat harus sama-sama berpasangan.


Jangkauan
Kisaran jangkauan wi-fi cukup tinggi, yaitu sekitar 300 meter dari simpul jaringan nirkabel. Sedangkan Bluetooth, memiliki jarak jangkauan hanya sekitar 30 kaki. Untuk itu, Wi-fi menjadi favorit untuk membuat LAN (Local Area Network) di rumah, sekolah, kampus maupun kantor.. Hal dikarenakan bahwa proses akan menjadi mudah, kita tidak perlu lagi mengintegrasikan kabel LAN di sistem untuk membentuk jaringan, untuk berbagi koneksi internet. Di kantor, penggunaan LAN nirkabel menyebabkan pengurangan biaya instalasi LAN.

Waktu Penciptaan
Wi-fi adalah teknologi yang telah dipakai lebih lama, dibandingkan dengan bluetooth. Hampir semua komputer yang diproduksi saat ini memiliki kartu LAN nirkabel terpasang di dalamnya. Bluetooth adalah teknologi yang relatif baru. Tapi ponsel dan laptop produsen telah mulai mengintegrasikan fasilitas ini dalam perangkat yang mereka produksi.


Standar
Instalasi wi-fi didasarkan pada standar 802.11n. Perangkat Bluetooth yang saat ini mengikuti standar 2,0 bluetooth.

Sambungan dan Instalasi
Perangkat Bluetooth tidak memerlukan instalasi atau konfigurasi. Kerja dari perangkat bluetooth sangat sederhana dan dengan demikian mereka tidak perlu dikonfigurasi. Kita dapat langsung memilih perangkat yang diaktifkan bluetooth lain, kemudian memilih yang diinginkan untuk mentransfer data. Jika kita ingin mengaktifkan fasilitas bluetooth di komputer pribadi, maka semua yang harus dilakukan adalah dengan hanya membeli adaptor bluetooth. Bluetooth dongle yang datang bersama dengan setup CD dan kita dapat menginstal setup, untuk mendapatkan bluetooth yang diaktifkan. Namun, wi-fi memerlukan beberapa konfigurasi. Untuk wi-fi jaringan yang diaktifkan, diperlukan menginstal router dan modem.

Jenis Jaringan
Wi-fi digunakan untuk pembentukan LAN nirkabel (Local Area Network). Sejumlah besar komputer desktop dan laptop dapat dihubungkan dengan menggunakan wi-fi, di mana saja, kita tidak dapat membentuk suatu Local Area Network (LAN), dalam kasus bluetooth. Bluetooth memungkinkan kita untuk membentuk PAN (Personal Area Network).


Data Transfer
Perbedaan lain antara wi-fi dan bluetooth adalah bahwa, kecepatan transfer data untuk bluetooth ini jauh lebih tinggi dari wi-fi. Dengan menggunakan Bluetooth, kita dapat mentransfer data dengan kecepatan 800 kbps, sedangkan, wi-fi adalah data yang rentan terhadap kerugian dan karenanya memiliki kecepatan lebih rendah. Jika kita terhubung ke Internet menggunakan wi-fi, kecepatan download akan lebih kecil dari apa yang kita dapatkan ketika terhubung menggunakan internet broadband.

Masa Depan
Banyak pakar yang memperkirakan bahwa interkoneksi dimasa depan akan dipegang oleh Bluetooth dan Wi-Fi, Wi-Fi memang dirancang untuk bekerja dan masuk kedalam jaringan melaluisebuah access point, sementara Bluetooth tidak memerlukan access point untuk melakukan transferdata. Serangan Bluetooth mungkin akan menang pada device mobile karena masalah efisiensipenggunaan baterai dibandingkan dengan Wi-Fi, namun untuk koneksi yang terkenal handal, cepat dandapat menghubungkan dengan jarak tertentu adalah senjata utama Wi-Fi untuk memenangkanpersaingan ini. Namun infrared pelan tapi pasti dan kesederhanaanya telah menjadi standarinternasional sampai dengan saat ini.

Aplikasi Wi-Fi dan Bluetooth
Bluetooth digunakan untuk data dan file transfer, dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Kita dapat mengakses mengaktifkan bluetooth printer dari komputer, dan menggunakannya. Dengan menggunakan Wi-fi, kita tidak hanya dapat membuat transfer data kecil, tetapi dapat mengakses database dan software yang terletak di beberapa mesin lain dalam jaringan juga. Akses internet nirkabel juga dapat diberikan kepada semua komputer dalam LAN nirkabel. Dalam kasus Bluetooth, hal ini tidak mungkin.

No comments: