News in Picture

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Saturday, May 25, 2013

Ilmuwan Teliti Semut Demi Kembangkan Robot



Headline
 London - Demi mengembangkan robot penyelamat, sekelompok ilmuwan di Inggris meneliti pola hidup semut.

Seperti dikutip dari BBC,studi yang menunjukkan bagaimana semut melacak lubang-lubang terowongan di sarang mereka, dikatakan dapat membantu pola navigasi untuk robot penyelamat.
Sekelompok tim dari Georgia Institute of Technology, menemukan bahwa semut api dapat menggunakan antena mereka sebagai pegangan kalau mereka terjatuh.
Di studi ini para peneliti menggunakan kamera berkecepatan tinggi untuk merekam perilaku tersebut secara detil.
Temuan dari para peneliti ini dipublikasikan di jurnal PNAS.
"Kita bisa melihat contohnya; bagaimana semut-semut ini memanjat dengan menggunakan antena mereka, jika terjatuh atau terselip di suatu permukaan," ujar Nick Gravish dari Georgia Institute of Technology. 
»»  READMORE...

Kawasaki OH-1 Light scout and observation helicopter Jepang



Only 14 Kawasaki OH-1 light scout and observation helicopters were delivered to Japanese army


Entered service2001
Crew2 men
Dimensions and weight
Length12 m
Main rotor diameter11.6 m
Height3.4 m
Weight (empty)2.4 t
Weight (maximum take off)4 t
Engines and performance
Engines2 x Mitsubishi TS1-10 turboshafts
Engine power2 x 888 hp
Maximum speed277 km/h
Range550 km
Combat radius200 km
Armament
Cannon-
Missiles4 x Toshiba Type 91 short-range air-to-air missiles, anti-tank missiles
Otherrocket pods
   From the mid-1980s the Japan Defence Agency (JDA), began to consider a successor to the OH-6D light helicopters currently in service with the Japanese Ground Self-Defence Force. It was decided to procure an indigenous type for the scout/reconnaissance roles. In 1992 Kawasaki was selected as prime contractor with 60 percent of the programme, the balance being allocated equally between Fuji and Mitsubishi. The three companies established the Observation Helicopter Engineering Team to develop the programme, on which detailed work began in 1992.
   The resulting OH-1, nicknamed Ninja, is a conventional machine that is relatively small and of typical gunship helicopter configuration. Its structure comprises, by weight, 40 per cent carbonfibre-reinforced plastics, and it features a fenestron type tail rotor.
   Each crew member has two LCD colour multi-function displays, and the gunner has a head-up display. The mission avionics include a trainable roof-mounted Kawasaki package (forward of the main rotor) with a Fujitsu thermal imager, NEC colour TV camera and NEC laser rangefinder. Protection is enhanced by the installation of an infra-red jammer on the helicopter's spine to rear of the main gearbox.
   The first of six prototypes made its initial flight on 6 August 1996, and the first of a possible 150 to 200 OH-1s was delivered to the JGSDF on 24 January 2000. A total of 14 OH-1s has been ordered for delivery by 2001. The JDA may revise the OH-1 to meet its AH-X light attack helicopter requirement. This would probably feature MTR-390 or T800 engines, allowing the introduction of a heavier weapons load and revised mission avionics. The projected designation of the AH-X production model is AH-2.
»»  READMORE...

3 Rudal NUKLIR Balistik Paling Menakutkan Yang Pernah Ada Di Bumi!!!




Rudal balistik adalah Rudal yang terbang dalam ketinggian sub-orbit melalui jalur balistik. Rudal balistik pertama adalah roket V-2 yang dikembangkan oleh Nazi Jerman antara 1930-an dan 1940-an. Uji coba V-2 yang pertama sukses adalah pada 3 Oktober 1942 dan mulai dioperasikan pada 6 September 1944 melawan Paris diikuti dengan serangan terhadap London 2 hari kemudian. Sampai berakhirnya perang pada Mei 1945, lebih dari 3000 V-2 telah ditembakkan.

Cara kerja rudal balistik:

Rudal balistik

Rudal balistik dapat diluncurkan dari lokasi tetap atau kendaraan peluncur (TEL, kapal, pesawat dan kapal selam). Tahap peluncuran dapat berkisar dari sekian puluh detik sampai beberapa menit dan dapat terdiri atas tiga tingkat roket. Ketika berada di sub-orbit dan tidak ada lagi dorongan, rudal memasuki tahap terbang bebas. Untuk mencapai jangkauan yang jauh, rudal balistik umumnya diluncurkan sampai ke sub-orbit. Rudal balistik antar benua dapat mencapai ketinggian sekitar 1.200 km.

roket V2 Jerman:
Roket V2 NAZI Jerman (cikal bakal rudal antar benua)

Rudal balistik paling menakutkan nomor 1 :
Rudal Amerika !!!
USA's Missile SM-65 Atlas E and F!!!


atlas E


atlas F
Nama : SM-65 Atlas E and F
Asal : U.S.A
Type : Rudal balistik antar benua
Panjang : 75 ft. 1 in. (22.9 m) with Mk 2 re-entry vehicle, 82 ft. 6 in. (25.2 m) with Mk 3
Fin length : 6 ft 1 in
Diameter : 10 ft. 0 in. (3.05 m)
Berat pada waktu meluncur : 118,000 kg (260,000 lb.)
Daya jangkau : 18,500 km (11,500 miles)

Tenaga : 1 × Rocketdyne LR105
rocket engine with 57,000 lbf (254 kN) thrust, 2 × Rocketdyne LR89 rocket engines with 150,000 lbf (670 kN) thrust, 2 × Rocketdyne LR101 vernier rocket engines with 1,000 lbf (4.4 kN) of thrust

Hulu ledak : Mk 4 re-entry vehicle with W-38 warhead (4 MT yield) (Atlas F)
CEP/Akurasi : 1,400 m (4,600 ft)
Bagian yang paling menyeramkan :
Daya jangkau 18000 Km!!!
Dapat menjangkau 1 bumi!!!



Rudal balistik paling menakutkan nomor 2 :
Rudal Uni Soviet !!!

Soviet's R-36; NATO Reporting name: SS-18

R-36; NATO : SS-18
Nama : R-36; NATO Reporting name: SS-18
Asal : Soviet
Type : Rudal balistik antar benua
Pemakaian : 1967-
Digunakan oleh : Uni Soviet and Rusia
Produsen : Yuzhny Machine-Building Plant
Berat : 209,600 kg (462,000 lb)
Panjang : 32.2 m (106 ft)
Diameter : 3.05 m (10.0 ft)
Hulu ledak : 3 tingkat fisi-fusi-fisi lebih dari 20 Mt of TNT
Mekanisme peledakan : Airburst
Tenaga : 2 tingkat propana cair
Daya jangkau : 16,000 km
Kecepatan : Mencapai 7.9 km/s
Pedoman sistem : Inersia, otonom
Akurasi : 220–500 m
Tempat peluncuran : Silo
Bagian yang paling menyeramkan :
Daya jangkau 16000 Km!!!
Dapat menjangkau 1 bumi!!!


Rudal balistik paling menakutkan nomor 3 :
Rudal China!!!

Dongfeng 5:

Dongfeng 5
Nama : DF-5A/CSS-4 Mod 2
Tipe : Rudal balistik antar benua
Pemakaian : 1981–sekarang
Digunakan oleh : PRC
Produsen : Factory 211 (Capital Astronautics Co.)
Berat : 183 ton(180 LT; 202 ST)
Panjang : 32.6 m (106 ft 11 in)
Diameter : 3.35 m (11 ft 0 in)
Hulu ledak : One, MIRV speculated on later variants
Blast yield : 4–5 Mt
Tenaga : 2 tingkat bahan bakar cair
Daya jangkau : 12,000–15,000 km (7,500–9,300 mil)
Pedoman sistem : Inersia + komputer on-board
Akurasi : 1,000 m (3,300 ft)
»»  READMORE...

SEKILAS TENTANG TURBIN



Turbin adalah sebuah mesin berputar yang mengambil energi dari aliran fluida. Turbin sederhana memiliki satu bagian yang bergerak, "asembli rotor-blade". Fluida yang bergerak menjadikan baling-baling berputar dan menghasilkan energi untuk menggerakkan rotor. Energi diperoleh dalam bentuk tenaga "shaft" erputar.
Jeni-Jenis Turbin Berdasarkan Fluida Kerjanya Yaitu :
1.      Turbin air

Turbin air berperan untuk mengubah energi air (energi potensial, tekanan dan energi kinetik) menjadi energi mekanik dalam bentuk putaran poros. Putaran poros turbin ini akan diubah oleh generator menjadi tenaga listrik. Berdasarkan prinsip kerjanya , turbin air dibagi menjadi dua kelompok:
a.       Turbin impuls (cross-flow, pelton & turgo)
untuk jenis ini, tekanan pada setiap sisi sudu geraknya lrunnernya - bagian turbin yang berputar - sama.
b.       Turbin reaksi ( francis, kaplanlpropeller)
Daerah aplikasi berbagai jenis turbin air relatif spesifik. Pada beberapa daerah operasi memungkinkan digunakan beberapa jenis turbin. Pemilihan jenis turbin pada daerah operasi yang overlaping ini memerlukan perhitungan yang lebih mendalam.
           
            Pada dasarnya daerah kerja operasi turbin menurut keller dikelompokkan menjadi:
1.      Low head powerplant < head 60m
2.      Medium head powerplant antara low head dengan hight head (60m)
3.      High head powerplant > head 60m
Jenis Turbin
Variasi Head, m
Kaplan dan Propeller
2 < H < 20
Francis
10 < H < 350
Peiton
50 < H < 1000
Crossfiow
6 < H < 100
Turgo
50 < H < 250
Tabel daerah kerja operasi turbin

2.      Turbin Uap

            Turbin uap adalah suatu penggerak mula yang mengubah energi potensial uap air menjadi energi kinetik ini selanjutnya diubah menjadi energi mekanik dalam bentuk putaran poros turbin. Poros turbin langsung atau dengan bantuan roda gigi reduksi, dihubungkan dengan mekanisme yang digerakkan. Tergantung pada jenis mekanisme yan digerakkan, turbin uap dapat dipergunakan pada berbagai bidang industri, untuk pembangkit tenaga listrik, dan untuk transportasi.
Prinsip Kerja Turbin Uap Sebagai Berikut:
            Turbin uap terdiri dari sebuah cakram yang dikelilingi oleh daun-daun cakram yang disebut sudu-sudu. Sudu-sudu ini berputar karena tiupan dari uap bertekanan yang berasal dari ketel uap, yang telah dipanasi terdahulu dengan menggunakan bahan bakar padat, cair dan gas seperti yang digunakan di PT. Toba Pulp Lestari, Tbk.
Uap tersebut kemudian dibagi dengan menggunakan control valve yang akan dipakai untuk memutar turbin yang dikopelkan langsung dengan pompa dan juga sama halnya dikopel dengan sebuah generator singkron untuk menghasilkan energi listrik.
Setelah melewati turbin uap, uap yang bertekanan dan bertemperatur tinggi tadi muncul menjadi uap bertekanan rendah. Panas yang sudah diserap oleh kondensor menyebabkan uap berubah menjadi air yang kemudian dipompakan kembali menuju boiler. Sisa panas dibuang oleh kondensor mencapai setengah jumlah panas semula yang masuk. Hal ini mengakibatkan efisisensi thermodhinamika  suatu turbin uap bernilai lebih kecil dari 50%. Turbin uap yang modern mempunyai temperatur boiler sekitar 5000C sampai 6000C dan temperatur kondensor 200C sampai 300C. 

Klasifikasi Turbin Uap
Untuk memudahkan identifikasi terhadap turbin uap, maka turbin uap diklasifikasikan sebagai berikut :
1.    Menurut jumlah tingkat tekanan
a)     Turbin satu tingkat yang memiliki kapasitas tenaga kecil, biasanya digunakan untuk menggerakkan kompresor, pompa, dan mesin-mesin lainnya yang kapasitas tenaganya kecil.
b)     Turbin bertingkat banyak (neka tingkat), yaitu turbin yang dibuat untuk kapasitas tenaga dari kecil kepada yang besar dan biasanya terdiri dari susunan beberapa nosel dan beberapa cakram yang ditempatkan berurutan dan berputar pada satu poros yang sama.
2.    Menurut arah aliran uap
a)     Turbin aksial, yang uapnya mengalir dengan arah yang sejajar terhadap poros turbin.
b)   Turbin radial, yang arah aliran uapnya tegak lurus terhadap poros turbin.
3.    Menurut jumlah silinder
a)      turbin silinder tunggal
b)      turbin silinder ganda
c)      turbin tiga silinder
d)     turbin empat silinder
4.     Menurut kondisi uap yang digunakan
a)     Turbin tekanan lawan, yaitu bila tekanan uap bekas sama dengan tekanan uap yang dibutuhkan untuk keperluan proses kegiatan pabrik. Turbin ini tidak mengalami kondensasi uap bekas.
b)     Turbin kondensasi langsung, yaitu turbin yang mengondensasikan uap bekasnya langsung ke dalam kondensor, guna mendapatkan air kondensat untuk pengisi air umpan ketel.
c)    Turbin ekstraksi dengan tekanan lawan, dimana uap bekas digunakan untuk keperluan proses.
d)    Turbin ekstraksi dengan kondensasi, dimana sebagian uapnya dipakai untuk proses dan sebagian lagi untuk penyediaan kondensat air pengisi ketel uap.
e)     Turbin kondensasi dengan ekstraksi ganda, uap bekas dari turbin dipakai untuk kebutuhan beberapa tingkat ekstraksi da sisanya dijadikan kondensasi dalam kondensor untuk kebutuhan air pengisi ketel uap.
f)     Turbin non kondensasi dengan aliran langsung dan tanpa ada ekstraksi serta kondensasi, uap bekas dibuang ke udara luar dengan tekanan lawan sama atau melebihi dari 1 atm.
g)     Turbin non kondensasi dengan ekstraksi, uap bekas tidak dikondensasikan, hanya digunakan untuk proses.
5.    Menurut kondisi uap yang masuk ke dalam turbin
a)      Turbin tekanan rendah dimana tekanan uapnya 2 kg/cm2
b)      Turbin tekanan menengah, tekanan uap sampai dengan 40 kg/cm2
c)      Turbin tekanan tinggi, tekanan uap sampai dengan 170 kg/cm2
d)     Tubin tekanan sangat tinggi, tekanan uap di atas 170 kg/cm2
e)      Turbin adikritis, turbin uap yang beroperasi dengan tekanan uap di atas 225 kg/cm2.
6.    Menurut prinsip aksi uap
a)     Turbin impuls, yang energi potensial uapnya diubah menjadi energi kinetik di dalam nosel atau laluan yang dilewati oleh sudu-sudu gerak,lalu energi kinetik ini diubah menjadi energi mekanik pada poros turbin.
b)     Turbin reaksi aksial, yang ekspansi uap diantara laluan sudu, baik sudu pengarah maupun sudu gerak tiap-tiap tingkat langsung pada derajat yang sama.
7.    Menurut sistem pemanas ulang uap
a)      Turbin uap dengan pemanas ulang tunggal
b)      Turbin uap dengan pemanas ulang ganda
8.    Menurut lingkungan pengoperasiannya
a)     Turbin darat, biasa terdapat pada industri atau PLTU untuk menggerakkan generator
b)      Turbin yang dioperasikan di kapal.
9.    Menurut arah aliran uap
a)     Turbin aksial, Fluida kerja mengalir dalam arah yang sejajar terhadap sumbu turbin
b)      Turbin radial, Fluida kerja mengalir dalam arah yang tegak lurus terhadap sumbu turbin.
10.     Menurut prinsip aksi uap
a)      Turbin impuls, Energi potensial uap diubah menjadi energi kinetik di dalam nosel.
            Adapun turbin impuls mengubah energi potensial uapnya menjadi energi kinetik didalam nosel (yang dibentuk oleh sudu-sudu diam yang berdekatan). Nosel diarahkan kepada sudu gerak. Didalam sudu-sudu gerak, energi kinetik diubah menjadi energi mekanis. Energi potensial uap berupa ekspansi uap, yang diperoleh dari perubahan tekanan awal hingga tekanan akhirnya di dalam sebuah nosel atau dalam satu grup nosel yang ditempatkan didepan sudu-sudu cakram yang berputar. Penurunan tekanan uap didalam nosel diikuti dengan penurunan kandungan kalornya yang terjadi didalam nosel.  Hal ini menyebabkan naiknya kecepatan uap yang keluar dari nosel (energi kinetik). Kemudian energi kecepatan semburan uap yang keluar dari nosel yang diarahkan kepada sudu gerak (sudu-sudu cakram yang berputar) memberikan gaya impuls pada-pada sudu gerak sehingga menyebabkan sudu-sudu gerak berputar (melakukan kerja mekanis).
Atau bisa dafahami secara sederhana pronsip kerja dari turbin impuls yaitu turbin yang proses ekspansi lengkap uapnya hanya terjadi pada kanal diam (nosel) saja, dan energi kecepatan diubah menjadi kerja mekanis pada sudu-sudu turbin. Kecepatan uap yang keluar dari turbin jenis ini bisa mencapai 1200/detik. Turbin jenis ini pertama kali dibuat oleh de Laval, yang mana turbin ini mampu beroperasi pada putaran 30.000rpm. Pada aplikasinya turbin impuls ini dilengkapi dengan roda gigi reduksi untuk memindahkan momen putar ke mekanisme yang akan digerakkan seperti generator listrik.
b)     Turbin reaksi, Ekspansi uap terjadi pada sudu pengarah dan sudu gerak.
            Turbin reaksi yaitu turbin yang ekspansi uapnya tidak hanya terjadi pada laluan-laluan sudu pengarah (nosel) yang tetap saja tetapi juga terjadi pada laluan sudu gerak (sudu-sudu cakram yang berputar), sehingga terjadi penurunan keseluruhan kandungan kalor pada semua tingkat sehingga terdistribusi secara seragam. Turbin yang jenis ini umumnyan digunakan untuk kepentingan industri. Kecepatan uap yang mengalir pada turbin (yang biasanyan nekatingkat)  lebih rendah yaitu sekitar 100 – 200 m/detik.
3.      Turbin Gas

Turbin gas itu adalah sebuah mesin berputar yang mengambil energi dari arusEnergi ditambahkan di arus gas di pembakar, di mana udara dicampur dengan bahan bakar dan dinyalakan. Pembakaran meningkatkansuhukecepatan dan volume dari aliran gas. Kemudian diarahkan melalui sebuah penyebar (nozzle) melalui baling-baling turbin, memutar turbin dan mentenagai kompresor.
Udara masuk kedalam kompresor melalui saluran masuk udara (inlet). Kompresor berfungsi untuk menghisap dan menaikkan tekanan udara tersebut, sehingga temperatur udara juga meningkat. Kemudian udara bertekanan ini masuk kedalam ruang bakar. Di dalam ruang bakar dilakukan proses pembakaran dengan cara mencampurkan udara bertekanan dan bahan bakar. Proses pembakaran tersebut berlangsung dalam keadaan tekanan konstan sehingga dapat dikatakan ruang bakar hanya untuk menaikkan temperatur. Gas hasil pembakaran tersebut dialirkan ke turbin gas melalui suatu nozel yang berfungsi untuk mengarahkan aliran tersebut ke sudu-sudu turbin. Daya yang dihasilkan oleh turbin gas tersebut digunakan untuk memutar kompresornya sendiri dan memutar beban lainnya seperti generator listrik, dll. Setelah melewati turbin ini gas tersebut akan dibuang keluar melalui saluran buang (exhaust).
Secara umum proses yang terjadi pada suatu sistem turbin gas adalah sebagai berikut:
·         Pemampatan (compression) udara di hisap dan dimampatkan
·         Pembakaran (combustion) bahan bakar dicampurkan ke dalam ruang bakar dengan udara kemudian di bakar.
·         Pemuaian (expansion) gas hasil pembakaran memuai dan mengalir ke luar melalui nozel (nozzle).
·         Pembuangan gas (exhaust) gas hasil pembakaran dikeluarkan lewat saluran pembuangan.
Adapun siklusnya jika digambarkan dengan grafik adalah sebagai berikut :

 
Klasifikasi Turbin Gas
Turbin gas dapat dibedakan berdasarkan siklusnya, kontruksi poros dan lainnya. Menurut siklusnya turbin gas terdiri dari:
1.       Turbin gas siklus tertutup (Close cycle)
2.       Turbin gas siklus terbuka (Open cycle)
Perbedaan dari kedua tipe ini adalah berdasarkan siklus fluida kerja. Pada turbin gas siklus terbuka, akhir ekspansi fluida kerjanya langsung dibuang ke udara atmosfir, sedangkan untuk siklus tertutup akhir ekspansi fluida kerjanya didinginkan untuk kembali ke dalam proses awal.
Dalam industri turbin gas umumnya diklasifikasikan dalam dua jenis yaitu :
1.      Turbin Gas Poros Tunggal (Single Shaft)
Turbin jenis ini digunakan untuk menggerakkan generator listrik yang menghasilkan energi listrik untuk keperluan proses di industri.
2.      Turbin Gas Poros Ganda (Double Shaft)
Turbin jenis ini merupakan turbin gas yang terdiri dari turbin bertekanan tinggi dan turbin bertekanan rendah, dimana turbin gas ini digunakan untuk menggerakkan beban yang berubah seperti kompresor pada unit proses.

»»  READMORE...