News in Picture

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Thursday, May 23, 2013

AK12, Keluarga terbaru senapan serbu Kalashnikov


Gambar
AK-47, sebuah nama yang tak asing bagi penduduk bumi dan menjadi buah kebanggaan rakyat Rusia (Uni Soviet). Avtomat Kalahsnikova adalah Senjata paling terkenal diseluruh dunia, dipakai oleh lebih dari 50 Angkatan bersenjata Dunia dan telah diproduksi lebih dari 100 juta pucuk, namanya makin berkibar berkat kemampuannya untuk beradaptasi di medan perang vietnam yang lembab dan berlumpur. Ketika itu AK-47 menjadi senjata standar bagi Pasukan Vietnam Utara (Vietcong), sedang lawannya M16 begitu keteteran di perang Vietnam, sering macet dan berkarat sehingga dikemudian hari AS mengeluarkan varian M16A1.
Gampang Dirakit, Tangguh disegala Medan, Murah di produksi (qualities – simplicity, reliability and relatively low production cost) adalah keunikan utama dari keluarga Kalashnikov yang sangat wajib dijaga oleh varian2 terbaru senapan AK. Angkatan Bersenjata Rusia yang telah bosan dengan senapan AK-74 nya (AK-74 digunakan sejak dekade 1970 an) kemudian meminta Kementrian Pertahanan Rusia untuk mengembangkan senapan AK generasi baru yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Jawaban dari permohonan ini adalah proyek pengembangan AK-12.
About Assault riffle AK-12
Dibuat oleh perusahaan senjata Izhmash , dirancang pertama kali pada tahun 2010 dan mulai dikembangkan pada pertengahan 2011. Perancang AK 12 Vladimir Zoblin mengatakan, AK 12 akan tetap memakai fitur dan desain dasar AK-74 dengan sejumlah modifikasi dan perubahan ergonomi. Kedepan, Ak 12 juga bisa dimodifikasi lagi sebanyak 20 Model sesuai dengan kebutuhan, selain itu AK 12 bisa menggunakan Magasine tipe 5.45 x 39 mm dan 7.62 x 51 mm NATO. Tidak seperti varian Kalashnikov sebelumnya, AK 12 memiliki 3 Firing Mode yakni Tembakan Tunggal, Tiga kali tembakan Sekaligus dan Otomatis.
Sampai Saat ini Ak 12 masih dalam tahap pengujian, prototype nya sendiri sudah selesai menjalani proses pengujian yang ada. Jika semua Pengujian ini berlangsung sukses dipertengahan tahun ini, maka AK 12 bisa mulai di produksi massal di akhir tahun. Kabar yang berhembus, Senapan AK 12 masih ditemukan adanya cacat sehinga perlu di perbaik dan di uji lagi. Kehebatan Senapan Kalashnikov juga menginspirasi produsen senjatan tanah air, Pindad untuk menerapkan  teknologi senapan AK di Senjata Serbu SS 2, sehingga mulut SS 2 memiliki kemiripan dengan desain Kalashnikov.

No comments: