News in Picture

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Monday, May 26, 2014

Inilah Negara-Negara Eksportir-Importir Senjata Terbesar Sejagat


Sekilas melirik tabel berikut yang disuguhkan oleh Economist, menampilkan importir senjata terbesar sejagat, dan lebih penting lagi, eksportir senjata terbesar di dunia.


Lima negara, Amerika, Rusia, Jerman, China, dan Perancis, menyumbang tiga-perempat dari jumlah ekspor senjata internasional selama lima tahun terakhir. China tiga kali lipat sumbangannya pada masa itu, menyalip Prancis, sekaligus berada di jalur melampaui Jerman menjadi pedagang senjata terbesar ketiga di dunia.

Bisnis senjata tumbuh dengan cepat. Secara keseluruhan, penjualan antara tahun 2009 dan 2013, 14% persen lebih tinggi dari periode lima tahun sebelumnya, menurut Stockholm International Peace Research Institute, yang melacak perdagangan senjata.

China menjual produk senjatanya ke 35 negara yang utamanya berpenghasilan menengah ke bawah, sekaligus menjadi importir besar (dua-pertiga senjatanya berasal dari Rusia). Amerika mengekspor produk senjatanya ke lebih dari 90 negara, yang kebanyakannya berupa pesawat.

Rusia mengekspor lebih banyak kapal ketimbang negara lain. Ekspor senjata Rusia meningkat secara signifikan, sebagian karena menjadi pemasok terbesar bagi India, yang membeli hingga tiga-perempat dari toal senjata yang dijual Rusia.

Adapun ekspor senjata Ukraina lebih banyak ketimbang Italia atau "Israel". Namun, dengan memanasnya ketegangan regional, agaknya negara yang sedang bergolak menyusul kudeta fasis dukungan AS dan NATO itu akan memilih menyimpan beberapa produk senjatanya untuk membantai rakyatnya sendiri di wilayah timur, atau berperang melawan Rusia.

No comments: