News in Picture

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Wednesday, November 12, 2014

Tank Ringan Amphibi 2S25 Sprut-SD Pendamping BMP-3F

Tank Ringan Amphibi PT-76 milik TNI AL memasuki usia tua meskipun berbagai perbaikan dan modifikasi telah dijalankan selama ini. Perbaikan struktur hingga mesin sudah menjadi agenda rutin selama ini, sehingga tetap dapat digunakan dalam peran tempur. Namun jelas semakin tua umurnya maka semakin ketinggalan teknologinya, dan bila terus digunakan maka memerlukan biaya besar untuk terus-terusan mengupdate sistem dan persenjataannya.
Tidak salah bila Tank 2S25 Sprut-SD masuk untuk menggantikan PT-76 karena memiliki peran yang sama sebagai Amphibi Light Tank. Tank ini dirancang untuk pasukan Udara dan Infantri Angkatan Laut yang memiliki peran sebagai tank perusak serta memiliki daya tembak sebanding dengan MBT.
Dipersenjatai dengan senapan smoothbore 125-mm sepenuhnya stabil, dilengkapi dengan autoloader. Senjata ini juga digunakan untuk meluncurkan missile anti-tank  dipandu dengan cara yang sama seperti proyektil biasa. Fitur ini biasanya terdapat pada MBT Rusia terbaru. Dipandu laser rudal anti-tank memiliki jarak efektif hingga 5 km. Rudal juga dapat digunakan terhadap helikopter yang terbang rendah. Sebanyak 40 putaran termasuk rudal dilakukan untuk meriam utama. Sebuah autoloader memegang 22 dari mereka.  2s25 Sprut SD mampu menghasilkan 7 putaran per menit. Kendaraan ini dilengkapi dengan sistem kontrol penembakan modern.  Persenjataan lainnya terdiri dari senapan mesin single coaxial 7,62 mm
Kendaraan memiliki awak tiga, termasuk komandan, penembak dan sopir. 2S25 Sprut-SD menggunakan modifikasi sasis dari BMD-3 udara kendaraan tempur. Hal ini didukung oleh mesin diesel 2V-06-2S, yang memiliki daya 510 tenaga kuda. Tank ini memiliki suspensi hydropneumatic dengan ground clearance disesuaikan . 2S25 Sprut-SD sepenuhnya amfibi yang didorong oleh dua waterjets. 
Penambahan Alutsista terutama TNI Angkatan Laut sudah barang tentu menjadi menu wajib untuk memperkuat stigma Poros Maritim. Salam NKRI.

No comments: