News in Picture

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sunday, July 21, 2013

Klik-iT, Stop Kontak Fleksibel Karya Anak Negeri



Headline


Jakarta - Untuk pertama kali di dunia, anak bangsa Indonesia berhasil menciptakan produk inovatif berupa kabel ekstensi dengan colokan yang bisa dipindah-pindah sesuai kebutuhan.

Konsep dari produk yang diberi nama Klik-iT ini adalah kemudahan dan fleksibilitas penggunaan colokan listrik. Hanya dengan menggunakan satu kabel, colokan listriknya bisa ditempatkan dan dipindahkan ke mana saja sepanjang kabel sesuai kebutuhan tanpa alat bantu, tanpa mengupas dan memotong kabel.

Colokan pun bisa diletakkan dalam posisi apapun seperti menggantung di tembok, didapur, di bawah meja, di ranjang dan posisi sulit lainnya. Cukup taruh, tekan, dan tancap dengan tangan langsung mengalir listriknya.
Konsep tersebut lahir setelah melalui product development selama setahun lebih. Produkini pun selangkah lebih maju dibandingkan kabel roll atau multisoket yang memiliki fungsi sama memberikan soket untuk colokan listrik.
Enrico Limman selaku inovator sekaligus Product Manager Klik-iT mengatakan bahwa produk ini sangatlah berbeda dari kabel roll atau multisocket. Pria bergelar MBA Marketing & Enterpreneurship dari Loyola Marymount University, Los Angeles, AS, itu menyebutkan, Klik-iT tercipta berdasarkan pengalaman pribadi.

"Setelah menikah saya pindah ke hunian baru. Saat ingin menempatkan televisi dan lampu di kamar, saya harus mengikuti letak stop kontak di dinding. Seharusnya ada cara yang lebih fleksibel untuk pasang stop contact,” ujarnya.

Kejadian tersebut kemudian membuat Enrico berfikir pasti banyak sekali orang yang mengalami hal serupa seperti yang ia alami, hingga akhirnya terciptalah Klik-iT.

“Sangat mudah menggunakan Klik-iT. Anda tinggal tarik kabel ke titik Anda membutuhkan listrik. Di titik tersebut pasang stop kontak Klik-iT dengan cara dijepit di kabel dan tekan menggunakan telapak tangan. Sisa kabelnya lalu tarik kembali ke titik berikutnya lalu pasang Klik-iT. Begitu seterusnya. Bila colokan ingin dipindah, cabut stop kontaknya lalu pasang di tempat baru yang Anda inginkan,” jelasnya.

Mengenai keamanan, produk itu telah lulus uji lembaga independen dari kalangan akademisi yakni laboratorium Teknik Elektro Universitas Indonesia.
Selain itu, material yang digunakan Klik-iT sudah melalui proses quality control dan terjamin kualitasnya. Kabelnya sudah SNI dan pabriknya sudah berstandar ISO.

"Agar tak dipandang sebelah mata gara-gara ini produk dalam negeri, saya memberikan garansi selama enam bulan sebagai bukti kualitas produk,” tambahnya.

Saat ini, produk inovatif karya anak negeri tersebut sudah tersedia di toko listrik, Ace Hardware, Mitra10, Superhome, Rumahkita, dan supermarket bahan bangunan lain.

INILAH.COM, 

No comments: