News in Picture

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Saturday, July 20, 2013

Mirip Asli, Robot Mirip Gorila Dipamerkan di YouTube


detail berita

Screenshot YouTube
Insinyur di Jerman mendemonstrasikan ROBOT APE. Robot yang menyerupai gorila ini diperlihatkan dengan kemampuan berjalan yang serupa dengan hewan asli.

Dilansir Theregister, keseimbangan relatif mudah untuk manusia, karena masa dipercaya telah mengalami evolusi hingga ribuan tahun.  Namun, ini akan sulit bagi para peneliti robotika.

Para peneliti di Pusat Penelitian Jerman untuk Artificial Intelligence telah memutuskan untuk melewatkan bipedism (robot yang mampu berdiri dengan dua kaki) demi sebuah robot yang berjalan seperti gorila.

Kabarnya, robot yang aksi geraknya divideokan dan diunggah ke YouTube ini memiliki sensor tekanan di setiap kakinya. Sensor tersebut antara lain, sensor jarak, sensor suhu dan sensor posisi serta sensor gaya disepanjang tulang belakang.

Baterai sudah disematkan dalam tubuh robot gorila ini. Para peneliti berencana untuk mengganti desain saat ini yang kaku dengan komponen yang lebih baik untuk mobilitas yang lebih besar.

Peneliti menggambarkan robot yang dinamakan iStruct ini sebagai proyek robotika luar angkasa, dan telah menguji robot pada kawah buatan

No comments: