News in Picture

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Monday, April 29, 2013

Wolfram Alpha: Mesin Pencari Analisis



13671290171394657734

Logo dari WolframAlpha.com
Masyarakat sudah akrab dengan mesin pencari semacam Google. Cukup ketikkan kata kunci, maka Google akan menampilkan berbagai situs berdasarkan kata kunci yang diinginkan. Masih banyak mesin pencari lain yang bisa dimanfaatkan di Internet, salah satunya adalah Wolfram Alpha.
Mengatakan Wolfram Alpha sebagai mesin pencari terkesan terlalu menyederhanakan. Wolfram Alpha tidak bekerja dengan cara yang sama dengan mesin pencari pada umumnya, seperti Google, Yahoo! Search atau Microsoft Bing. Bukannya menampilkan daftar tautan halaman di Internet sesuai dengan kata kunci, Wolfram Alpha melakukan analisa berdasarkan data yang diperolehnya dari Internet.
Hasil analisa tersebut menampilkan laporan mendalam mengenai informasi yang berhubungan dengan kata kunci yang dimasukkan. Meskipun cara menggunakan Wolfram Alpha kurang-lebih sama dengan mesin pencari lainnya, namun hasil pencarian yang ditampilkan itulah yang membuatnya berbeda. Oleh karena itu, mari sementara ini kita sebut Wolfram Alpha sebagai mesin analisa pengetahuan bukannya mesin pencari.
Jadi bagaimana Wolfram Alpha bekerja? Cara termudah untuk mengetahuinya adalah dengan langsung mencobanya. Buka situs Wolfram Alpha dan ketikkan kata kunci “Indonesia” tanpa tanda petik di kotak pencarian dan tekan Enter. Bukannya menampilkan daftar situs yang cocok dengan kata kunci tersebut, Wolfram Alpha malah menampilkan berbagai informasi yang berhubungan dengan Indonesia. Informasi semacam corak bendera, lokasi Indonesia di peta dunia, luas area, negara yang bersebelahan, populasi penduduk, bahasa paling dominan, etnis, agama dan berbagai hal lainnya yang memberikan gambaran besar mengenai Indonesia.
Selanjutnya coba ketikkan kata kunci “Soesilo Bambang Yudhoyono”. Wolfram Alpha tahu kalau SBY adalah seorang politisi dan saat ini menjabat sebagai Presiden Indonesia. Mesin analisa ini mengetahui banyak hal mengenai SBY, seperti tempat dan tanggal lahir, karirnya sebagai Jenderal, bahkan hingga initial SBY yang digunakan oleh Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono.
Bila kamu seorang kimiawan, mungkin ingin menggunakan Wolfram Alpha untuk menganalisa berbagai hal mengenai bidang kimia. Coba saja masukkan nama elemen emas, “aurum”, sebagai kata kunci. Wolfram Alpha akan menampilkan simbol elemen tersebut, posisinya di tabel periodik, nomor atom, berat atom, properti thermodinamisnya, tingkat reaktifitas dan berbagai hal lain yang mungkin menarik bagi kimiawan.
Wolfram Alpha dibuat menggunakan perangkat lunak bernama Mathematica yang biasanya digunakan untuk komputasi pada area ilmiah dan teknik. Dengan perangkat lunak tersebut, Wolfram Alpha bisa menampilkan pergerakan aliran cuaca secara real-time atau menampilkan kalkulasi 3D mengenai suatu objek. Masih banyak hal rumit lainnya yang mampu dilakukan oleh Mathematica dan kemampuan ini tercermin pada hasil yang ditampilkan oleh Wolfram Alpha.
Ada banyak skenario aplikasi Wolfram Alpha. Kamu tidak harus terlibat dengan hal teknik untuk memanfaatkan informasi dari mesin analisa ini. Artis, musisi atau seorang politisi dapat menggunakan Wolfram Alpha.

No comments: