News in Picture

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Thursday, June 13, 2013

Mengenal Perangkat Avionik Pesawat Tempur Buatan Indonesia


Avionik berarti peralatan elektronik penerbangan yang mencakup seluruh sistem elektronik yang dirancang untuk digunakan di pesawat terbang. Sistem utamanya meliputi sistem komunikasi, navigasi dan indikator serta manajemen dari keseluruhan sistem. Avionik juga mencakup ratusan sistem yang berada di pesawat terbang dari yang paling sederhana seperti lampu pencari pada helikopter polisi sampai sistem yang kompleks seperti sistem taktikal pada pesawat peringatan dini.


Avionik pada pesawat tempur tentu agak berbeda dengan yang digunakan pada pesawat komersial atau sipil. Pada tulisan ini diketengahkan beberapa perangkat avionik pesawat tempur yang merupakan produksi perusahaan Indonesia yang berkedudukan di Surabaya, Infoglobal. Sebagian besar materi tulisan dan gambar pada artikel ini diambil dari situs resmi perusahaan tersebut (infoglobal.co.id). Sementara untuk definisi avionik diambil dari situs wikipedia.org.

MPCD (Multi Purpose Cockpit Display)
MPCD (Multi Purpose Cockpit Display)
MPCD (Multi Purpose Cockpit Display)

MPCD (Multi Purpose Cockpit Display) merupakan perangkat avionik digital yang berfungsi menampilkan berbagai informasi penting kepada pilot pesawat tempur tipe Hawk 100/200.
Fitur :

  • Menampilkan informasi navigasi.
  • Menampilkan informasi route map.
  • Menampilkan informasi ILS, VOR, dan TACAN.
  • Menampilkan informasi bahan bakar dan kondisi mesin.
  • Menampilkan informasi posisi (longitude dan latitude).
  • Menampilkan informasi altitude, heading, dan speed.
  • Menampilkan informasi flight plan.
  • Menampilkan informasi destination list dan mark list.
  • Menampilkan informasi monitoring status avionik lain.
  • Menampilkan informasi alignment.
  • Menampilkan informasi course.
  • Menampilkan informasi track.
  • Menampilkan informasi wind.
  • Menampilkan informasi data radar.
DVR (Digital Video Recorder)
DVR (Digital Video Recorder)
DVR (Digital Video Recorder)

DVR (Digital Video Recorder) adalah alat perekam digital untuk merekam video dari kamera pesawat, simbologi data- data penerbangan, data radar, view, serta suara percakapan pilot. DVR dikembangkan dari standar interface VCR sehingga “full compatible” dengan VCR, plug and play, dan tanpa perlu modifikasi apapun di ruang kokpit. Tersedia untuk pesawat tempur jenis Hawk 100/200, F-5 Tiger E/F, dan F-16.

RMU (Radar Monitor Unit)
RMU (Radar Monitor Unit)
RMU (Radar Monitor Unit)

RMU (Radar Monitor Unit) adalah perangkat avionik untuk menampilkan informasi hasil tangkapan radar pada pesawat tempur tipe Hawk 200.

Fitur :

  • Menampilkan informasi pelacakan target dan intercept.
  • Menampilkan data ketinggian dan kemiringan pesawat tempur.
  • Pengaturan brightness, grid, dan contrast untuk menyesuaikan ketajaman gambar.
MCDE (Mission Computer Data Entry)
MCDE (Mission Computer Data Entry)
MCDE (Mission Computer Data Entry)

MCDE (Mission Computer Data Entry) merupakan perangkat avionik untuk menampilkan data-data navigasi pada pesawat tempur tipe F-5 Tiger E/F secara real-time dan mengontrol INU (Inertial Navigation Unit) untuk melakukan alignment serta menentukan waypoint yang akan dituju. Data navigasi yang ditampilkan oleh MCDE bersumber dari INU (Inertial Navigation Unit) dan CADC (Control Air Data Computer) yang berada di pesawat tempur.

Fitur :
  • Menampilkan data navigasi pesawat.
  • Menampilkan dan mengedit data misi pesawat (waypoint dan flight plan).
  • Mengontrol proses INU dan mode.
  • Mengontrol protokol data MIL STD 1553.
RCM (Rear Cockpit Monitor)
RCM (Rear Cockpit Monitor)
RCM (Rear Cockpit Monitor)

RCM (Rear Cockpit Monitor) merupakan perangkat avionik untuk menampilkan gambar yang ditangkap oleh kamera (CAM) yang berada di depan pesawat tempur tipe Hawk 100 atau gambar dari HUD video.

Fitur :
  • Menampilkan gambar video dari 2 peralatan sumber, yaitu CAM dan HUD secara bergantian.
  • Pengaturan tingkat kecerahan tampilan.
Wikipedia.org, infoglobal.co.id
 

No comments: