News in Picture

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friday, April 12, 2013

Kapal Korvet (Corvette)

Korvet (Corvette) Korvet merupakan jenis kapal perang yang lebih kecil dari fregat dan lebih besar dari kapal patroli pantai, walaupun banyak desain terbaru yang menyamai fregat dalam ukuran dan tugas. Korvet lebih murah dan lebih kecil daripada fregat. Pada umumnya dimasukan kategori sebagai kapal patroli yang mampu melakukan operasi sergap dan serbu secara mandiri. Kapal Korvet, idenya dikembangkan dari kapal penangkap ikan paus (whale chatcher). 



Kapal Korvet sendiri memiliki fungsi yang serupa dengan kapal perusak, namun berukuran lebih kecil. Steregushy dan Gepard Corvette beserta data-datanya Kapal korvet dan kapal fregat adalah kapal yang menjadi primadona bagi Angkatan Laut di berbagai negara, mengingat kemampuannya yang cukup tinggi. Kapal korvet selain menyandang persenjataan yang cukup modern dan dilengkapi dengan rudal, sehingga cukup mematikan bila berhadapan dengan kapal-kapal perang yang lainnya. Kapal ini juga mampu mengangkut helikopter. Begitupun harganya cukup terjangkau oleh banyak negara. 

Nakat dan Bora Hovercraft Corvette beserta data-datanya

Diagram kapal korvet kelas visby 















Kapal korvet (corvette) Corvette SIGMA class adalah jenis kapal perang kombatan baru RI buatan Belanda, yang dibeli tahun 2007 lalu. Indonesia saat ini mempunyai empat kapal perang jenis ini yakni, KRI Diponegoro, KRI Sultan Hasanuddin, KRI Sultan Iskandar Muda dan KRI Frans Kaisiepo.
   


Corvete SIGMA class Desain Corvette SIGMA class dirancang secara unik sesuai dengan bentuk dan model SIGMA sebagai singkatan dari Ship Integrated Geometrical Modularity Approach. Kapal ini memiliki secara flexibility dan affordability sebagai Naval Patrol Vessel, mampu menembus segala cuaca. Kapal memiliki bobot sekitar 1.700 ton, panjang 90,71 m, draft 3,60 m, lebar 13,02 m, tinggi 8,75 m, kecepatan 28 knot, daya dorong 2 X 8.900 kW. Corvette SIGMA class dilengkapi dengan perlengkapan komunikasi dan pertempuran yang lengkap di dalam ruang yang luas untuk menampung akomodasi 80 orang. 

Kemampuan propulsi diesel propeler ganda dan keseimbangan yang tinggi dari kapal ini (dilengkapi dengan gulungan penyetabil pasif) membuatnya cocok untuk operasi pencarian dan patroli di perairan teritorial indonesia. Fungsi dasar dari corvette SIGMA class adalah Patroli maritim Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE), penggetar, pencarian dan penyelamatan (SAR) dan anti kapal selam. Dek helikopter mampu menampung sebuah helikopter dengan berat maksimum 5 ton dilengkapi dengan fasilitas lashing point dan sistem pengisian BBM.

Operasi helikopter mampu dilakukan pada malam hari maupun siang hari. Kapal ini dibuat menggunakan rules Lloyd’s Register untuk unrestricted service dan disetujui oleh prinsipal kelautan yang bonafid.Persenjataan terdiri dari antara lain AAW/Anti Air Warfare (anti serangan udara), ASuW/Anti Surface Warfare (anti kapal atas air), ASW/Anti Submarine Warfare (anti kapal selam), W/Electronic Warfare (peperangan elektronika).

No comments: