News in Picture

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friday, May 17, 2013

Perkembangan Teknologi Iran yang maju dan diremehkan



Gambar
Awal Februari lalu, Iran kembali memberikan kejutan bagi dunia internasional khususnya di bidang kedirgantaran. Iran merilis penampakan Qaher-313 (F313), pesawat tempur siluman dengan desain futuristik. Banyak pihak yang kemudian memberikan komentarnya masing2, ada yang meragukan ada juga yang memuji. Kehadiran Qaher-313 juga berhasil menggoncang forum2 militer dunia, pro kontra sudah tentu terjadi tapi yang jelas meski diragukan keaslian, Qaher 313 merupakan wujud nyata kemajuan teknologi Iran dibidang militer.
Bagaimana rasanya kalo kita sudah bersusah payah membuat sesuatu, mobil misalnya namun baru saja dipamerkan sudah ad pihak yang meremehkan hasil karya kita sendiri, kecewa rasa nya? tapi bila kita terus berjuang pantang menyerah, maka suatu saat orang yang meremehkan  akan tersadarkan bahwa kita lebih hebat dari pada mereka. Ilustrasi tadi mungkin sedang dirasakan Iran saat ini, sebagai negara yang tengah di incar dan menjadi target utama superpower AS dan sekutu dengan berbagai sanksi dan embargo malah memuat kemandirian Iran bangkit. Tanpa didukung gembaro gembor media masa dunia, Iran berhasil membangun industri otomotifnya sendiri, membangun sistem transportasi maju, bahkan Iran merupakan satu2nya negara Timur Tengah yang memiliki moda transportasi kereta bawah tanah (subway).
Gambar
Stealth Fighter Qaher 313 (F-313) memiliki ciri desain yang mirip dengan pesawat xperimental Amerika, yakni Boeing the X-36. Spesifikasi mendetail tentang F-313 masih misterius, seperti apa saja persenjataannya, sistem navigasinya, bahan bakar, dsb. Menurut ane sendiri, wujud fisik Qaher-313 memang menyerupai mock-up, seperti sebuah mainan. Ukurannya yang kecil juga membuatnya diragukan banyak pihak. Meski keliatan seperti mainan, tapi bila mainan ini dikemudian hari bisa terbang dan bertempur layaknya benda aslinya sungguh bisa jadi karya indah yang luar biasa bukan.
Gambar
Kemajuan lain teknologi Iran adalah kesuksesan mengirim se ekor monyet ke luar angkasa memakai roket penjelajah Kavoshgar Pishgam dan berhasil mencapai ketinggian yang sudah ditentukan, kemudian kembali ke bumi dengan selamat. Tak berselang lama, Iran kembali merencanakan peluncuran satelit Tolou (Sunrise) dari situs peluncuran satelit yang baru. Iran telah masuk menjadi 5 negara eksklusif yang mampu mengirimkan satelitnya sendiri ke luar angkasa. Iran pertama kali meluncurkan satelitnya sendiri, Omid (harapan) pada tahun 2009 dengan roket yang sama saat ini.
Gambar
Kemampuan Iran lain yang sudah cukup diperhitungkan adalah sebagai UAV hunter, sudah beberapa kali Iran merontokan usaha penyusupan oleh UAV (pesawat nir awak) Amerika dan yang paling mengejutkan, keberhasilan militer IRan menjatuhkan The Beast of Kandahar, RQ-140 Sentinel. UAV canggih yang bentuknya seperti stealth Bomber B-2 Spirit. Selain Sentinel, Iran juga berhasil menjaring UAV Scan Eagle buatan Boeing, Hasil dari penangkapan ini adalah produksi massal UAV tiruan ScanEagle yang diberi nama Sayeh. Kemampuan Iran menyerap dan mempelajari teknologi Amerika benar2 mampu mendorong perkembangan teknologi pertahanannya.
Kini Dunia sedang menunggu penantian, kapan Qaher 313 bisa mengepakan sayapnya terbang tinggi ke angkasa serta menunjukan kemampuannya. Bila F-313 yang cuma seperti mainan tapi udah bkin kejutan bagi Barat, gimana klo itu ternyata asli?? lebih heboh lagi pastinya..Disinyalir dalam menghadapi Barat, Iran lebih menonjolkan kemampuan Softskillnya, termasuk dnegan memamerkan alutsista baru yang masih belum diuji kebenarnnya tapi memiliki efek kejutan yang cukup mengangkat daya tahan Iran :-D .. strategi low cost high impact..

No comments: