News in Picture

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friday, April 19, 2013

Mahasiswa Iran Desain Pesawat Tanpa Awak Baru



Sekelompok mahasiswa Universitas Azad di Sanandaj, Iran, beberapa waktu lalu merancang dan memproduksi sebuah pesawat tanpa awak yang selain berhasil meningkatkan kualitas rekaman foto dan video juga dilengkapi dengan payung yang akan aktif ketika terjadi masalah teknis pada pesawat tanpa awak tersebut.

Mehr News (15/4) melaporkan, Muhammad Makroufi, seorang anggota tim desain pesawat itu mengatakan bahwa pesawat tanpa awak tersebut mampu terbang selama tiga jam dan menggunakan motor berkekuatan 60cc bensin yang dipasang pada buritan pesawat.

Ditambahkannya bahwa kemampuan merekam foto dan video pesawat tanpa awak tersebut telah ditingkatkan dan karena penempatan motor pada bagian belakang pesawat maka getaran yang ditimbulkan dapat dikurangi.

Makroufi menjelaskan bahwa panjang sayap pesawat tanpa awak itu mencapai 3,5 meter sementara panjang badan pesawat 2,5 meter. Selain dilengkapi dengan GPS, pesawat juga dapat terbang hingga ketinggian 12 ribu kaki.

Salah satu keunggulan lain pesawat tanpa awak karya para mahasiswa Universitas Azad Sanandaj ini adalah badan yang ringan terbuat dari serat karbon dan total beratnya hanya 22 kilogram.

Lebih lanjut Makroufi menjelaskan, "Kamera dipasang di ujung pesawat dan selain itu dilengkapi dengan payung yang akan aktif ketika pesawat mengalami gangguan teknis atau masalah lain. Tujuannya adalah pesawat dapat mendarat tanpa kerusakan. Rekaman video dan foto pesawat itu langsung dikirim ke stasiun operatornya.

No comments: