News in Picture

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Saturday, April 20, 2013

IBM PureSystems: Solusi yang Terintegrasi




Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kalimat “membangun data center”? Anda pasti akan membayangkan proses panjang dan berliku yang membutuhkan kerja keras dan pengorbanan.

Pandangan itu tidak salah karena selama ini, proses membangun data centermemang tidak mudah.
Pertama-tama Anda harus berhati-hati memilih tiap blok—mulai dari serverstorage, sampai networking. Kehati-hatian sangat penting di proses ini, karena Anda harus memastikan tiap blok dapat dirangkai dan bekerja dengan baik.
Setelah itu, Anda membangun layer aplikasi di atasnya, sambil lagi-lagi memastikan tiap blok dari data center yang Anda bangun tidak menemui masalah. Namun masalah bisa saja timbul, dan memaksa Anda untuk mendeteksi sumber masalah dan terkadang harus membongkar sistem yang telah Anda bangun.
Dan tiap kesalahan—sekecil apapun—mengakibatkan mundurnya waktu implementasi dan membengkaknya anggaran.
Jika kita kaji, kerumitan proses di atas sebenarnya bisa dihindari. Seharusnya ada sebuah solusi yang membuat proses pembangunan data center menjadi mudah dan cepat. Proses pembangunan data center yang biasanya memakan waktu bulanan, bisa diwujudkan dalam hitungan hari.
Dan jika itu terjadi, keuntungan tidak cuma soal waktu. Fokus personil tim TI tidak lagi soal membangun infrastruktur, namun bagaimana memanfaatkan teknologi untuk memajukan perusahaan.
Mengedepankan Efisiensi
Menjawab kebutuhan tersebut, IBM menawarkan solusi yang disebut PureSystems. Pada dasarnya, PureSystems adalah sistem terintegrasi yang siap pakai. Pengguna tidak lagi perlu terlibat dengan pembangunan sistem yang rumit, menguras tenaga, serta memboroskan waktu dan biaya. Pengguna tinggal menentukan seberapa besar data center yang mereka butuhkan, dan IBM langsung menyediakan PureSystems yang mereka butuhkan. Alhasil, pembangunandata center yang biasanya membutuhkan waktu dua bulan, bisa dipangkas menjadi hanya dua minggu.
Menurut Gunawan Sutanto (Country Manager, Systems & Technology Group IBM Indonesia),IBM PureSystems sendiri terdiri dari tiga produk, yaitu PureFlex System, PureData System, dan PureApplication System. PureFlex System mengombinasikan blok server, storagenetworking, dan virtualisasi di bawah sebuah management console. Sedangkan PureData dan PureApplication dibangun di atas PureFlex dengan fokus pada data dan aplikasi.
Bagi IBM, tujuan terbesar PureSystems memang memudahkan pengguna. Karena itu, PureSystems dirancang agar dapat dipakai sebagai sistem yang berdiri sendiri atau digabungkan dengan sistem yang sudah ada. Sebagai gambaran, satu modul terkecil PureFlex System dapat dipasangi sebuah software ERP dengan 1000 pengguna. Ketika kebutuhan meningkat, pengguna tinggal menambahkan modul yang dibutuhkan.
Menariknya, semua proses manajemen dilakukan dalam satu management console. Alhasil hanya dibutuhkan satu administrator untuk seluruh sistem, yang terasa efisien dibanding sistem konvensional yang membutuhkan administrator untuk masing-masing blok (baik ituserverstoragenetwork, atau database). Sistem manajemen itu sendiri bisa dilakukan secararemote, bahkan bisa dengan menggunakan iPhone atau iPad. Artinya, administrator PureSystems bisa melakukan maintenance di manapun ia berada.
PureFlex memang bukan satu-satunya integrated system yang ada saat ini. Namun menurut Deddy Sudja (Director Blue Power Technology yang merupakan distributor tunggal PureSystems di Indonesia), keunggulan PureFlex adalah pada keterbukaannya. “Pengguna dapat memilih arsitektur x86 atau PowerSystems, maupun sistem operasi Windows dan Linux,” ungkap Deddy. Begitu pula dengan database dan aplikasinya,  mereka dapat memilih dari vendor yang mereka sukai atau yang telah mereka gunakan sebelumnya. Bahkan pada satu modul sistem PureFlex dapat dijalankan secara bersamaan beberapa sistem operasi yang berbeda.
Kelebihan lainnya adalah pada sejak awal, PureFlex dirancang untuk mendukung virtualisasi. “Contohnya jalur antara server dan storage dirancang dengan bandwidth besar yang sangat dibutuhkan untuk virtualisasi,” ungkap Erwin Urip, Manager Technical Support BPT. Tidak heran jika PureFlex sering disebut sebagai cloud in the box.
Pendek kata, kata kunci IBM PureSystems adalah kemudahan, kepraktisan, kecepatan, dan biaya yang lebih rendah. 

No comments: